Catatan Miring Manusia Sinting; catatan kedua

Sejak kapan aku mulai mengenal facebook? aku kurang tau persis secara tanggal, hanya yang aku ingat adalah akun facebook-ku kubuat bersamaan dengan akun wordpress-ku ini. Entah di tahun 2008 akhir atau 2009 awal. aku mengetahui situs tersebut dari program berita Suara Anda Metro TV, salah satu stasiun televisi yang bersiaran secara nasional.

awalnya aku hanya penasaran apa itu facebook, yang tiap hari dibicarakan di program tersebut. maka aku membuat akun facebook. awalnya aku sempat kecewa dengan tidak pahamnya aku dengan penggunaan facebook, waktu itu aku terburu-buru menyimpulkan bahwa facebook itu gak asyik! akhir-akhir baru aku sadari bahwa letak keasyikan facebook saat halaman kita sudah memiliki banyak teman.

mendekati kejenuhan karena tidak paham keasyikan dari facebook, aku tinggalkan perlahan-lahan halaman itu. yang aku tidak mengetahui kemudian ialah teman-teman mulai membicarakan situs–yang bahkan aku sudah ogah menggunakannya.

tapi diam-diam kucoba lagi bagaimana menggunakan facebook. ada satu hal yang konyol saat aku kembali menggunakan facebook lagi. pertama aku lupa password akun facebook-ku. hal ini berlangsung begitu lama. yang kedua aku tidak tau nama akun facebook-ku. hal ini berlangsung beberapa kali. bahkan sempat geregetan. tapi kemudian aku ingat, syukur… ucapku waktu itu.

dan walla, sampailah pada satu ketagihan tersendiri. tapi ketagihan itu kurasa tidak terlalu mengganggu. kenapa? karena aku dapat mengakses facebook hanya saat aku mengakses internet di warnet. yang mengganggu saat ini adalah kali ini aku memiliki akses lebih pada dunia maya, free 24 jam non-stop kalau aku mau, katakan saja demikian. dan itu kurasakan makin mengganggu dengan tidak terkontrolnya aku dalam menggunakan akun itu.

maka beberapa pekerjaan sempat terbengkalai, meski tidak berakibat fatal. dan sekali lagi berlebihan jika aku menyalahkan facebook hanya karena ada satu bagian dari pekerjaanku yang terbengkalai.

dan ini hari kedua aku sama sekali ‘tidak menyentuh’ halaman facebook. hemm, sejauh ini masih bisa tidak membuka karena beberapa sebab. tapi kan aku tetap membahas mengenai facebook dalam rangakaian cerita ini(!). hahahaha……..

semalam, seorang teman secara live berkomentar tentang ‘status konyol’-ku mengenai berpuasa facebook. itu berarti dalam satu hari sudah aku dapati dua komentar live.

maka aku pikir rangkaian Catatan Miring Manusia Sinting ini dapat aku kembangkan pada bagaimana facebook mewarnai kehidupan orang-orang di sekelilingku. hemmm, bagus juga. good idea. karena kan sangat sempit jika kita hanya membahas diri kita sendiri.

Ok lah kalau begitu. []

Tinggalkan Balasan

