Jangan Pernah Puas!

hari ini saya hanya berniat mengantarkan adik untuk mengikuti seminar kewirausahaan di Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik. Bersama dua orang temannya, adik saya mewakili kampus kami, Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin Gresik.

setengah jam perjalanan berangkat dari kampus, maka tibalah kami di tempat acara dihelat.

sampai di tempat parkir kampus tersebut, entah kenapa kemudian kupikir, ah, aku ikut acara saja sekalian. tidak ada salahnya , kan? hehehe. maka jadilah kami berempat masuk ke dalam. dan rasanya ngga menyesal–dalam kadar tertentu–aku masuk dan ikut acara itu.

pertama, ya, enak kan dapat snack (hahaha, klise amat!). kedua, kupikir sudah cukup lama aku ngga ikut acara seminar, jadi ya kenapa enggak untuk menambah referensi, kan? lagian sesekali ikut nimbrung ke acara orang kan asyik. hehehe. dan sebagai liputan (waduh, berat amat) berikut ringkasan acaranya.

perwakilan Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin sudah telat saat datang di ruang auditorium Fakultas Ekonomi itu. pembicara pertama sudah memberikan paparannya. rupanya yang berbicara ialah Asroin Widiana, S.Sos. salah seorang anggota DPRD Kabupaten Gresik, yang berdasar situs Polres Gresik berasal dari Partai Golkar Dapil VI ( Panceng – Dukun – Uj. Pangkah ). entah berbicara mengenai apa, saya tidak dapat memberikan pungkasannya, karena datang terlambat.

pembicara kedua bernama Pradita Aditya, S.H.–yang kemudian diketahui berumur sama dengan saya! dan memiliki yang jauh di atas saya! hahaha. untuk pembicara yang kedua ini lebih banyak bercerita mengenai perjalanan dirinya dalam menjalankan bisnis bersama seorang temannya. hemm, kalo yang seumuran sama sih aku juga sudah punya seorang teman, yang meskipun tidak sefantastis pengakuannya, ya minimal dapatlah disamakan dengan pembicara yang kedua ini.

sampailah pada pembicara yang ketiga, yang mengambil ‘jalan hidup’ sedikit nyentrik. hemm, jadi ingat almarhum Pak Heri, seorang guru les waktu SMA dulu.

untuk pembicara ketiga yang namanya saya agak lupa, Djudy Djoko (dan benar-benar saya lupa title di belakang namanya), adalah seorang dosen. entah mengajar dimana.

ada beberapa kalimat yang patut untuk dicatat dari materi para pembicara. pertama adalah kutipan dari Djudy Djoko bahwa, Kepercayaan adalah social investment yang luar biasa. Kepercayaan itu datang, bukan diminta. maka mulai sekarang hargai komitmen! jika sejak dini kita sudha meremehkan sebuah komitmen, maka akan berlanjut di tahun-tahun yang akan berlanjut.

masih dari Djudy Djoko, ia mengatakan bahwa, Mengendalikan kuda lebih mudah daripada mengendalikan diri sendiri. hal ini terkait dengan bagaimana tiap individu harus mampu mengalahkan hawa nafsunya. kutipan yang bagus, bukan?

berkenaan dengan semangat, Djudy Djoko mengatakan bahwa, Semangat itu berasal dari niat. merenunglah sejenak, pikirkan apa yang menjadi keinginan kita, dan yakinlah bahwa Allah SWT akan meridloi dan memberi jalan pada niat baik kita.

menjawab pertanyaan salah seorang peserta seminar, yang bertanya mengenai bagaimana cara mereka-mereka (pembicara) dalam menangani kegagalan yang ditemui. salah satu contoh adalah pengakuan Pradita Aditya yang ditipu rekan bisnis dengan nilai 67 Juta rupiah. kemudian pengakuan Asroin Widiana yang juga mendapat kesulitan dalam tahun awal perjalanan bisnisnya.

untuk pertanyaan tersebut Asroin memberikan jawaban bahwa untuk menyiasati hal tersebut adalah dengan membaca! membaca kalam dan alam. banyak dari kita yang sudah membaca kalam, maka tambahlah dengan bacaan kita mengenai alam. maka kita perlu untuk meningkatkan kepekaan terhadap situasi dan kondisi. Asroin juga menambahkan bahwa berbisnis dengan perorangan memerlukan kejelian dalam hal keuangan, jika tidak maka akan mengalami apa yang dinamakan sebagai modal macet. satu kata dari pemateri ialah, Jangan Pernah Puas!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s