Uang Receh dari Hantaran

“Assalamualaikum….” Suara anak kecil mengucap salam dari pintu rumah kami siang ini.

Kudengar ibuku segera berjalan menuju pintu depan, melihat siapa yang ada di sana. Ternyata seorang bocah yang mengantarkan satu porsi hantaran berupa bubur, menandakan ada satu orang yang berhajat.

“Dari siapa?” tanya ibuku pada si bocah. Bocah itu menjawab tapi aku tak jelas mendengarkan bocah itu menyebut nama siapa. Tebakku salah seorang tetangga kami yang baru pulang setelah beberapa hari menjalani rawat inap di rumah sakit di Gresik.

Ibuku menerima piring berisi bubur dari bocah tadi dan membawanya masuk, kemudian ibuku mengganti piring yang dibawa si bocah dengan piring kami. Tidak selesai sampai disitu, ibuku berjalan, kali ini menuju ke kamar. Beliau buka laci yang berisi lembaran uang ribuan lalu mengambil selembar dari dalamnya.

Itulah cara di kampung kami! Uang seribuan tadi adalah ‘hadiah’ bagi si bocah yang mengantarkan bubur ke tiap rumah. Di rumah yang lain tentu si bocah akan mendapat pemberian uang yang berbeda-beda, tergantung dari kewelasan si pemberi. Dan di situ pula letak kenapa para bocah di kampung kami sangat suka untuk mengantarkan bubur dan hantaran lainnya ke tiap rumah di kampung kami.

Melihat kejadian itu, jadi ingat masa kecil beberapa tahun yang lewat.

Yang masih kuingat ialah aku dan sepupuku yang lain akan berebut untuk mengantarkan bubur. Karena dengan mengantarkan bubur, kami akan mendapat uang recehan yang begitu banyak bagi kami kala itu. Yang tentunya dapat dibelikan jajan atau permen, atau yang lainnya.

Hemmm, jadi pengen ngantar bubur lagi, biar dapat uang receh yang banyak. Hahaha….. 😀

[]

Iklan

One thought on “Uang Receh dari Hantaran

  1. […] An old article of mine with the same topic, in Bahasa Indonesia. (Link) […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s