Siapa sih yang Mau Sakit?

Hari apa ini? Hari ini Kamis tanggal 7 Juli 2011. Itu artinya adalah satu-satunya hari di dunia ini dengan spesifikasi kamis bertanggal 7 bulan Juli tahun 2011. Ngga ada yang lain, dan ngga bakal terulang. Betul ngga? Heh, kok bahas tanggal!

Tepatnya begini, hari apa ini, sehingga selasar, koridor dan lantai di lorong-lorong RSUD Ibnu Sina begitu banyak orang. Sebagian dari mereka mengantri untuk berobat, yang lain jelas mengantarkan.

Dari raut muka mereka jelas tergambar wajah-wajah mengantri yang sudah tidak betah dengan lamanya antrian yang harus mereka tunggu. Belum lagi dengan urusan yang musti dijalani secara urut agar pengobatan mereka selesai.

Hemm, berurusan dengan penyakit.

Di ruang radiologi beberapa pasien datang, sementara baru saja sebuah kasur dorong membawa pasien yang lain keluar. Kulihat pasien yang baru datang adalah seorang remaja tanggung dengan kaki dibebat. Dengan ditemani keluarganya. Yang ini jelas baru saja jatuh atau yang lain sehingga kakinya patah dan mesti dibebat macam itu.

Hingga usiaku di angka dua puluh dua tahun saat menulis ini, entah bagaimana bisa dalam memori saya tercetak satu cap bagi rumah sakit, yakni bau obat! Barangkali karena kebiasaan kontrol mata dulu saat masih TK nol besar.

Berurusan dengan pengobatan memang bukanlah hal yang gampang. Di rumah sakit, tentu pihak birokrasinya ingin melayani dengan kualitas prima. Namun sekali lagi kondisi di lapangan dan jumlah pasien yang begitu banyak mengantri dan ingin secepatnya sembuh, jadi berjubel lah.

Enak? sama sekali ngga. Tapi kan siapa yang mau sakit? ngga ada kan… Kata bapak saya, kalo memang sebelum sakit, masih bisa kita mencegah, tapi ketika datang penyakit atau musibah, maka yang dapat kita lakukan adalah berobat. Melihat kondisi berobat pun menyakitkan, maka bersabar adalah jalannya. Siapa sih yang mau sakit? []

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s