Facebook; Media dan Saluran

Pernah suatu kali saya dikritik oleh salah seorang mahasiswa karena terlalu sering memberikan pengumuman akademi kampus lewat sebuah grup Facebook. Kurang lebih kritik tersebut berbunyi, “informasi kok lewat Facebook.”

Tidak saya jawab—karena perangai mahasiswa ‘tuwir’ tersebut tidak mau kalah dalam debat, dan saya tidak mau mendebatkan apa-apa yang saya pikir ngga begitu menggigit macam soal ini—maka saya tekankan lewat tulisan ini. Pikir saya, saya harus memilih saluran dalam menyampaikan informasi! Saya harus bisa mencari saluran mana yang bisa menyampaikan informasi akademi secara luas, dan banyak cara dan wadah yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi, entah itu lewat papan pengumuman, Koran dan yang lainnya, bahkan Facebook pun. Dan melihat traffic pengguna Facebook hingga tulisan ini saya buat masih tinggi, maka Facebook menjadi salah satu pilihan bagi saya.

Apa salahnya memilih Facebook (atau media sosial lain)? Toh, yang terpenting bagi masyarakat informasi adalah informasinya sampai. Rasa-rasanya kalau kita terlalu menutup diri pada kemungkinan penggunaan berbagai macam media informasi, kita akan terkungkung dengan media itu-itu saja (baca; papan dan media konvensional lain).

Salah satu pengumuman saya di dinding grup Facebook "Areg STTQ"

Dan, yap, hasilnya lumayan. Walau tidak dapat meng-cover 100% mahasiswa, paling tidak informasi dapat sampai di antara mahasiswa. Itu adalah satu poin! Karena se-keren apapun media yang digunakan, tidak akan dapat menjangkau 100% masyarakatnya. Pilihan yang membuat kita menang dan bebas menyampaikan informasi kita! [Afif E.]

Tinggalkan Balasan

