Korea Selatan yang Tidak Sensitif

Membaca artikel berjudul “Bendera Jadi Target Latihan Perang, Korut Marah”, salah satu artikel yang dipajang Yahoo! Indonesia pagi ini (26 Juni 2012). Membuat saya sedikit geram dan dalam hati saya menyatakan betapa tidak sensitifnya Korea Selatan. Kok ya bisa-bisanya mereka menggunakan bendera Korea Utara sebagai sasaran tembak untuk latihan militernya dengan Amerika Serikat.

Isu sensitif seperti ini seharusnya menjadi perhatian penting bagi petinggi Seoul. Bayangkan saja, isu rekonsiliasi menjadi mentah, bahkan kembali memanas gara-gara latihan militer ‘konyol’.

Tidakkah Seoul dan PyongYang sudah sangat tersiksa dengan pemisahan dua Korea? Jerman dan Vietnam sudah menunjukkan bahwa bersatunya kembali negara yang terpecah akibat perang dunia dua adalah sangat positif impact-nya.

Amerika Serikat adalah negara luar yang harusnya tidak usah mereka perhatikan!

Saya sendiri membayangkan bahwa Bangsa Amerika saja memasang bendera raksasa mereka di depan Gedung Bursa Wall Street. Apakah arti penting dari sebuah simbol negara mereka nafikan? Bahwa bendera negara bukan sekedar simbol, tapi ada nilai nasionalisme di dalamnya.

Sangat disayangkan Korsel menurut saja pada AS untuk memasang bendera Korut sebagai sasaran tembak. Alasan yang diberikan adalah agar tentara Korsel bersemangat. Pertanyaan saya, kenapa tentara mereka tidak disuguhi Drama Korea saja? Drama picisan mereka toh laku sampai membuat remaja Indonesia tergila-gila. 😀

Satu kata saja dari saya, sadarlah Korea Selatan! kalau memang Korea Utara masih berkelas kepala, bukan berarti kita bisa dengan mudah memantik kemarahan mereka, sehingga rekonsiliasi yang dibangun bertahun menjadi mentah kembali. [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s