Hidayat Nur Wahid dalam Bursa DKI 1?

Saat saya menulis artikel ini saya yakin sudah ‘telat.’ Namun demikian, menjelang sepuluh hari Pemilu DKI Jakarta barangkali dapat memberikan warna.

DKI Jakarta sebagai salah satu propinsi di Indonesia, memiliki status khusus. Dalam kekhususannya itu, tercantum dalam nama propinsi kecil ini, yakni Daerah Khusus Ibukota. Status ini merujuk pada penunjukan Jakarta sebagai Ibukota Republik Indonesia. Status ini menjadikan Jakarta sebagai sebuah kota propinsi dengan kepadatan penduduk melebihi propinsi manapun di Indonesia.

Pada pemilukada 2012 ini, ada enam calon pasangan yang bersaing untuk merebut kursi orang nomor satu di Jakarta. Adalah satu nama yang mengusik perhatian saya. Bukan Jokowi yang popular dengan Surakarta-nya. Bukan pula Alex Nurdin dari Sumatera Selatan sana. Tetapi yang mengusik saya adalah Hidayat Nur Wahid.

Saya pikir Hidayat Nur Wahid bukan tidak layak, tapi Hidayat punya tempat yang lebih layak ketimbang merebut kursi politik nomor satu di suatu propinsi di Indonesia. Beliau adalah tokoh nasional, pernah menjabat Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat atau MPR RI. Bukan main-main, karena MPR RI adalah lembaga tertinggi Negara. Dan Hidayat Nur Wahid punya jam terbang tingkat nasional dibandingkan dengan tokoh-tokoh yang lain.

Sekali lagi Jakarta—walaupun berstatus pusat NKRI—tetaplah berstatus daerah di mata legislasi. Ia satu status dengan propinsi lain di Indonesia. Memang harus di akui bahwa dengan menjabat kepala daerah di Jakarta, punya nilai lebih dibandingkan menjabat kepala daerah di propinsi yang lain.

Namun melihat jam terbang Hidayat Nur Wahid sebagai mantan Ketua MPR RI, harusnya Nur Wahid sudah berkiprah di tingkat ASEAN, atau bahkan Internasional.

Tapi barangkali hal ini sudah menjadi keputusan PKS, dan memberikan amanat pada Nur Wahid. Atau bisa jadi PKS kehabisan kader. (?) [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s