Mind the Gap: Game tentang Gender dan Persebaran Pendidikan

Jika kalian membuka halaman website milik UIS alias the UNESCO Institute for Statistics, kalian akan menemukan satu posting menarik. Bertanggal posting sekitar sebulan lalu, atau lebih tepatnya tanggal 6 Maret 2013, UIS memajang permainan atau game untuk menandai International Women’s Day alias Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2013. Game tersebut diberi nama MIND THE GAP: Gender & Education. Seperti nama mainannya, game ini akan mengantarkan kalian untuk belajar dan mengetahui persebaran dan pemerataan pendidikan bagi individu wa bilkhusus(khususnya) berdasar gender.

Saya sendiri tergolong awam dengan konsep gender dan lain-lainnya, tapi secara umum dapat saya katakan game ini berusaha menyajikan data-data mengenai persebaran pendidikan dari semua negara yang dibagi per wilayah regional. Sayangnya, ketika saya mencoba pilihan menu negara Indonesia, data mengenai persebaran pendidikan bagi penduduk Indonesia tidak tersedia. Mungkin ke depan game ini tinggal melengkapi data dari tiap-tiap negara.

Keunggulan lain dari game ini adalah sifatnya yang online, sehingga bisa dimainkan dimana saja. Ketidakunggulannya adalah sidat dari game ini yang online, sehingga teman-teman yang tidak punya akses internet tidak bisa menikmatinya. (Mbulet.com :D).

Selain itu, game ini juga disediakan dalam fasilitas tiga bahasa, yakni Bahasa Inggris, Bahasa Prancis dan Bahasa Spanyol. Jadi untuk kalian yang terbatas dalam masalah Bahasa Inggris, tenang aja, masih ada dua pilihan bahasa yang lain. Berikut ini saya sajikan gambar dari langkah-langkah saat bermain Mind the Gap. Coba dan rasakan sendiri game nya di laman UIS. Dan sebagai gambaran di bawah ini saya coba berikan screen shot dari game tersebut. [Afif E.]

01

Halaman Awal dari permainan, kita tinggal pilih tombol Let’s Start!

02

Langkah dua, kita memasukkan data umur kita. Lingkaran hitam bertepi biru bisa kita geser

03

Langkah 3, kita memasukkan informasi asal kita

04

Langkah 4, kita masukkan data jenis kelamin kita

05

Langkah 5, kita masukkan data pendidikan kita

06

Langkah 6, kita masukkan data studi kita

07

Langkah 7, kalo menurut saya, bagian ini untuk membuat avatar kita jadi ciamik

08

Langkah 8, proses membaca masukan kita

09

Langkah 9, halaman ini muncul saat saya memilih Indonesia sebagai negara asal. sayangnya, data pendidikan oleh game ini belum mencakup Indonesia.

10

Langkah 10, barangkali pada langkah ini kita dapat memperoleh informasi mengenai data pendidikan di tiap negara

11

Langkah 11, jika pada langkah 10 kita ditunjukkan data pada negara pilihan kita, maka pada langkah 11 kita ditunjukkan bagaimana kondisi di negara lain yang cukup memprihatinkan.

12

Langkah 12, langkah penyelesaian game. Silakan mencoba teman-teman… 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s