JODOH, REJEKI. DAN MAUT

Pernah mendengar istilah perempuan Jugun Ianfu? Itu loh, perempuan-perempuan yang pada masa perang dunia kedua dipaksa oleh Jepang untuk menjadi gundik, pelacur, bagi tentaranya yang waktu itu tersebar seantero Asia Timur dan Tenggara. Keberadaannya seolah gelap, kabarnya baru muncul ke permukaan setelah salah seorang korbannya warga Korea Selatan buka mulut.

Dalam salah satu scene film Indonesia, sungguh malang nian nasib seorang Jugun Ianfu. Dalam semalam ia tidak akan tahu akan digilir (baca: ditiduri) berapa pria tentara Jepang. Dalam salah satu wawancara dengan korban wanita Indonesia, ia bahkan sering dipaksa meladeni lima belas nafsu lelaki dalam satu malam saja. Dan demikian seterusnya malam demi malam seorang Jugun Ianfu akan diperlakukan semena-mena tanpa tahu kapan datang dan berhentinya waktu.

Serupa tapi tak sama—karena saya sendiri tidak mau benar-benar menyamakan bagian tulisan saya setelah ini—adalah Jodoh, Rejeki, dan Maut. Sama dimananya? Sama dalam hal kita tidak akan pernah tau akan bagaimana yang kejadian pada diri kita terhadap ketiga hal tadi. Jodoh, Rejeki, dan Maut.

Dalam berbagai literatur, seorang muslim akan dikenalkan dengan empat rahasia, yang hanya diketahui oleh Tuhan Yang Maha Esa. Kelahiran, Jodoh, Rejeki, dan Maut. Masing-masing benar-benar dirahasiakan oleh kehadirat-Nya. Manusia tinggal menjalani, namun tetap diberikan pilihan-pilihan.

Pilihan itu antara lain, pilihan untuk tetap berada di jalan-Nya, ataukah hidup dengan kebebasan sebebas-bebasnya.

Menjawab salah seorang teman yang bertanya mengenai tiga hal tadi (Jodoh, Rejeki, dan Maut), maka jawaban itu saya analogikan dengan lebih halus (dan semoga baik), ialah seperti seorang Jugun dalam kehidupan nyata, yang selalu menantikan dan tidak tahu apa yang akan datang. Bismillah.. dijalani saja.

Ah, kok analoginya jadi ke Jugun Ianfu ya???? ah, hanya sekedar pengingat bagi saya dan anda saja, bahwa ternyata ada (dan masih ada) korban penganiayaan yang berjuluk Jugun Ianfu itu dalam sejarah kita. [Afif E]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s