Setiap Tanggal itu Unik

Judul di atas, Setiap Tanggal itu Unik, adalah adopsi saya dari ungkapan KH. Ahmad Maimun Adnan. Beliau adalah pemangku Pondok Pesantren Al-Islah Bungah Gresik Jawa Timur. Alasan beliau sederhana. Beliau memberi contoh, misalkan dalam tulisan ini terdapat tanggal lahir kita adalah 23 Agustus 1988. Apakah tanggal tersebut tidak unik?

Jawabannya adalah unik. Perhatikan, 23 Agustus 1988. Apakah tanggal tersebut akan terulang kembali? Tidak! Lantas, apakah dengan kita memperingati hari lahir kita, apakah yang demikian itu mengulang? Tidak. Kita hanya memperingati tanggalnya saja. Misal di tahun 2013, kita memperingati 23 Agustus dengan pesta ulang tahun. Apakah kita benar-benar mengulangi hari lahir kita? Atau lebih hiperbola lagi, apakah kita LAHIR kembali dari rahim ibu kita? Tidak! Karena peringatan hari lahir hanya menjadi penanda bagi kita bahwa di tanggal yang sama tapi tahun berbeda, kita terlahir di dunia ini. Kurang lebih demikian penjelasan Yai Mun (Panggilan masyarakat di tempat kami untuk menyebut KH. Ahmad Maimun Adnan, pen).

Contoh serupa adalah hari jumat tanggal 27 Desember 2013 kemarin. Pada hari itu, umat muslim sedunia melakukan jamaah Sholat Jumat terakhir di Tahun 2013. Tidak akan ada lagi sholat Jumat di tahun 2013 ini. Tidak akan terulang juga bukan? Demikian kalimat khotib Jumat di Masjid Besar Kiai Gede Bungah Gresik Jawa Timur.

Wow, berarti hari ini adalah hari saya menulis artikel ini, yang tidak akan terulang lagi di lain kesempatan. Sebuah tanggal unik, 28 Desember 2013. WOW…. (lebay… 😀 )

Saking pentingnya tanggal unik atau cantik, biasanya kita lihat banyak pasangan yang menikah pada tanggal unik. Misalnya saja tanggal 8 bulan 8 tahun 2008; tanggal 9 bulan 9 tahun 2009; atau tanggal 14 bulan 14 tahun 2014 (eits, ngaco! Wkwkwkwkw 😀 ).

Nhah loh… kalo udah kehabisan tanggal unik atau cantik gimana? Kan nggak ada tuh, tanggal 14 bulan 14 tahun 2014; atau tanggal 15 bulan 15 tahun 2015…. 😀 … Tenang saudara-saudara.. itu tadi yang dibilang oleh Yai Maimun… setiap tanggal itu unik… kenapa mesti ketakutan kehabisan tanggal unik??? Selamat menyongsong hari baru di tahun 2014… sudahkah masing-masing dari kita menjadi pribadi yang lebih baik? 🙂 [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s