Untuk Menyelesaikan Tulisan Ternyata Harus Menulis

Pernah suatu kali saya membaca kutipan, untuk menjadi penulis ya harus menulis. Sambil baca balik kutipan tersebut, saya mikir keras, bener juga ya. Lah gimana tulisan kita mau selesai kalo kita nggak nulis! (#ngakak sambil gulung-gulung). 😀

Pernyataan serupa kayaknya bisa juga diterapkan pada kita-kita mahasiswa yang sedang proses Tugas Akhir hingga Tesis. Se-SUPER apapun topik yang kita angkat menjadi Tugas Akhir ataupun Tesis, toh tetaplah sebuah tulisan kan? 🙂 maka tulisan kita (baca: Tugas Akhir dan Tesis) juga bisa selesai dengan menulis.

Mungkin ada yang bertanya: Lah, apa yang mau ditulis kalo bahan yang ditulis nggak ada. Rasa-rasanya Tugas Akhir ataupun Tesis kita adalah pekerjaan kita. Berbagai sumber sudah disediakan Tuhan melalui Mbah Google. Facebook pun bisa jadi sarana curhat tentang Tugas Akhir dan Tesis. Kali aja kita mau curhat, “Aduh… Tugas Akhir quw kug belum kelar-kelar ya… “ 😀 dengan sumber-sumber tersebut InsyaAllah bisa selesai. 🙂

Atau sebenarnya bisa kita mulai dengan menulis dengan menciptakan cover dari Tugas Akhir dan Tesis kita. Kemudian membuat lembar pengesahan, kalo masih banyak waktu luang (LUANGKAN!), bisa kita teruskan dengan mengerjakan lembar ucapan terima kasih. Masih ada waktu? Bisa kita teruskan dengan cek ejaan yang sudah kita ketik semalam atau seminggu sebelumnya. Tuh, kan banyak yang bisa kita mulai dalam menulis Tugas Akhir dan Tesis.

Atau bagi yang masih berkelit: BELUM MOOD. Coba refresh pikiran kita dengan kutipan dalam film “Perempuan Berkalung Surban.” Tokoh utamanya yang diperankan oleh si cantik Revalina S. Temat mengucapkan kalimat pamungkas, “Mood itu diciptakan, bukan ditunggu.”

Perempuanberkalungsorban

Kutipan itu berbunyi, “Mood itu diciptakan bukan ditunggu.” 🙂

Wah… berarti ada dua kutipan nih, “MOOD ITU DICIPTAKAN, BUKAN DITUNGGU,” dan “UNTUK MENYELESAIKAN TULISAN TERNYATA HARUS MENULIS.”

Semangat untuk yang sedang Skripsi, Tugas Akhir ataupun Tesis. [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s