Kecanduan Facebook: Buka Browser dan Ketikkan Huruf Awal “F”

Adalah pada tanggal 14 Februari 2014 lalu saya update status di akun Facebook saya. Kurang lebih kalimatnya sebagai berikut, “Puasa Facebook edisi 2.0 …..”

Yup, saya mencoba berhenti sementara waktu untuk membuka laman jejaring sosial itu. Dan tambahan kalimat “edisi 2.0” pada kalimat status itu menunjukkan saya pernah melakukannya sebelum ini. Maka jadilah semenjak tanggal itu saya tidak membuka laman biru itu.

Pertanyaannya sederhana, kenapa saya pakek acara puasa Facebook segala? Karena saya kecanduan. Ketika membuka aplikasi browser, maka sudah menjadi ketagihan saya untuk mengetik huruf “F” di bagian URL browser. Maka secara otomatis muncullah kata-kata itu, FACEBOOK.COM. Coba cari di google, maka barangkali saya dapat digolongkan sebagai pecandu Facebook.

Seorang teman berkata, “Puasa Facebook tapi ngintip.” Mungkin iya, tapi saya usahakan tidak. Setidaknya untuk membuka akun saya sendiri. Tapi sebisa mungkin saya usahakan tidak, karena ujung-ujungnya kecanduan itu akan kembali lagi.

Al-Ghazali dalam Ihya’ mengatakan bahwa lawanlah kecanduan itu dengan sifat kebalikkannya. Maka jika kecanduan membuka laman Facebook, yang dapat dilakukan untuk melawannya adalah dengan tidak membukanya. 🙂

Di tahun 2011 atau 2012 saya pernah melakukan puasa serupa. Selama satu bulan saya sama sekali tidak membuka halaman berisi curhat orang-orang itu. Waktu itu Alhamdulillah halaman blog saya menjadi aktif dan penuh dengan tulisan. Barangkali itu yang disebut produktif menulis. 🙂

Latar belakang puasa waktu itu adalah gangguan candu Facebook saya menjadikan saya kurang produktif, dan hampir tidak menyelesaikan pekerjaan. Maka kurang lebih latar belakang yang sama saya alami, itu adalah CANDU!

Maka saya beritahu saudara-saudara, jika anda terbiasa membuka browser, dan huruf pertama yang anda ketikkan adalah “F” yang berlanjut menjadi FACEBOOK. Yes, you are Facebook Addict! Anda kecanduan Facebook! [Afif E.]

Tinggalkan Balasan

