Masyarakat Harus Cerdik Melihat Tingkah Pembela Corby yang Tak Kalah Picik

Media massa Indonesia, barangkali juga internasional, tengah diributkan dengan kasus Schapelle Leigh Corby, warga Negara Australia yang terjerat kasus narkotika. Kasus ini seingat saya cukup lama, namun muncul kembali dengan kabar yang tak kalah hangat terkait pembebasan bersyaratnya, hingga wawancaranya yang dinilai media Indonesia sebagai suatu yang controversial karena dianggap mencederai nama Pemerintah Indonesia.

Sebagai masyarakat awam yang melihat kasus ini, baiknya kita juga cerdas bahwa kasus Corby ini tampaknya sudah masuk ranah pembentuka opini. Paling tidak dengan wawancaranya, bahkan film versi penangkapannya di Indonesia, ada pihak yang berusaha menyatakan dirinya tidak bersalah, dizholimi, dan dianiaya dengan semena-mena. Saya akan berterus terang bahwa pihak yang saya maksud di sini adalah Corby serta pendukungnya dari Australia dan dunia internasional yang berpihak padanya.

Pertanyaan singkatnya adalah, apa iya, jika yang melakukan penangkapan terjerat kasus narkotika adalah bukan Negara barat maka Negara tersebut salah tangkap? Apakah yang benar adalah Corby? Sebenarnya media-media pembelanya dan yang menyudutkan pemerintah Indonesia itu membela apa? Membela Corby agar menjadi benar? Ataukah membela kebenaran hukum? Bias ini harus dijawab terlebih dahulu oleh media propaganda itu.

Bias ini harus disadari oleh masyarakat luas. Saya menulis ini bukan untuk masyarakat Indonesia, tetapi juga untuk masyarakat dunia, bahwa secanggih apapun suatu media dalam memberitakan, baiknya kita tanyakan dulu biasnya. Apa yang dia bela? Itu saja dulu yang harus dijawab oleh media propaganda pembenaran Corby, sebelum menuntut pemerintah Indonesia dengan bermacam tuduhan dan syawasangka.

Patut dicatat, media adalah alat penggiring opini paling canggih di era ini. masyarakat harus cerdik dengan trik-trik media, karena pembela Corby tak kalah picik. [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s