Ketika yang Bermimpi Seorang Fir’aun

Fir’aun alias Pharaoh alias penguasa Mesir pada masa kuna (kuna??? Kata apaan tuh? 😀 ). Jika anda pernah mendengar kisah Nabi Yusuf AS, baik dari Al-Quran maupun dari Kitab Perjanjian, barangkali akan anda temui kisah tentang seorang Fir’aun yang galau dengan mimpinya. Dalam film Yuzarsif (pernah saya tulis sebelumnya), dikisahkan bahwa Amunhatep IV (Fir’aun pada masa Nabi Yusuf) tengah dibikin galau dengan mimpinya.

Yuzarsif yang memberikan penjelasan arti mimpi (takwil mimpi) yang memuaskan Amunhatep IV, lantas membebaskannya dari penjara. Dalam episode 19 dari sinema ini digambarkan bahwa pembebasan dilakukan di tahun kesepuluh Yuzarsif dipenjara karena keberingasan Zulaikha (wus, hiperbola banget bahasanya: keberingasan). Tak cuma membebaskan dirinya, Amunhatep lantas memberinya jabatan yang cukup tinggi di lingkungan kerajaan mesir kuna. Jabatan itu terkait erat dengan mimpi sang Fir’aun. Emang mimpi apaan sih tuh Fir’aun,sampek-sampek membuat satu negeri gerah?

Dikisahkan bahwa Amunhatep IV bermimpi selama dua malam. Malam pertama ia bermimpi ada tujuh sapi gemuk-gemuk yang keluar dari sungai Nil, tapi kemudian ketujuh sapi ini dimakan oleh tujuh sapi kurus-kurus. Di malam kedua, selain memimpikan tentang sapi, si doi (Amunhatep IV) juga memimpikan tujuh tangkai gandum yang subur dan sehat, menjadi rusak karena tujuh tangkai gandum yang kering. Yuzarsif lantas mentakwil mimpi itu, bahwa Mesir akan menghadapi tujuh tahun masa panen yang berlimpah. Sedangkan tujuh tahun setelahnya, Mesir akan dihadang oleh masa kekeringan dan paceklik.

Dengan bertaruh bahwa sang Fir’aun akan mempertaruhkan empat belas tahun nyawa sebuah bangsa, maka keputusan penting diambil berdasar takwil sebuah mimpi. Selama tujuh tahun masa panen, kerajaan menyimpan hasil panen. Dan benar saja, dikisahkan dalam kitab suci memang tujuh tahun berikutnya Mesir mengalami paceklik, sehingga simpanan panen yang dilakukan selama tujuh tahun dapat dimanfaatkan. Dan siapa yang ditugaskan oleh Amunhatep IV untuk mengawasi proses tersebut? Ialah Yuzarsif alias Nabi Yusuf yang mendapat mandat itu. Saya jadi mikir, sampek segitunya ya?

Apanya yang ‘sampek segitunya?’? itu tuh, kalo yang mimpi seorang Fir’aun, ada kebijakan yang diambil dari makna mimpinya. Ow…. Begono ya. Ck ck ck. Ya wes lah, selamat menyaksikan sinemanya. [Afif E.]

 

 

Iklan

One thought on “Ketika yang Bermimpi Seorang Fir’aun

  1. Mohammad Bagus berkata:

    asal gak ikutan mimpi korupsi sapi aja ya pak. -_-‘

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s