Ada Apa di Kota Singaraja

Langit yang masih gelap saat bus yang saya tumpangi sampai di Terminal Banyuasri, Kota Singaraja, Bali. Jam Hape saya sudah menunjukkan waktu 05.30 WITA, tapi langit masih segelap itu. Kurang lebih di Indonesia Barat pukul 04.30 WIB. Tak lama berselang Hape saya menerima panggilan, dari Pak Komang, yang selama beberapa hari semenjak kedatangan itu rumahnya akan saya tinggali.

Ada apa di Kota Singaraja? Menjadi judul tulisan ini. Mungkin akan menjadi judul setiap kita memasuki kota baru bagi kita. Singaraja merupakan ibu kota Kabupaten Buleleng. Tergolong kota yang kecil kalau dibandingkan dengan Surabaya, kata Pak Komang. Dan beberapa hari kemudian saya juga tau bahwa radio yang berpusat di kota ini juga sedikit, ada beberapa seperti RRI Singaraja dan radio swasta lainnya.

P1040182

Ikon Kota: Patung Singa Ambararaja di depan Kantor Bupati Buleleng

Sebagai ibu kota kabupaten, saya membayangkan kota ini kurang lebih sama dengan Kota Lamongan. Dengan lalu lintasnya yang relatif lancar, berkendara kemanapun dan kapanpun di kota ini relatif dapat diperkirakan waktunya. Tidak seperti di Surabaya, hehehe 🙂

P1030879

Another Icon: Yang ini ada di Pantai Eks. Pelabuhan Buleleng

Singaraja merupakan kota yang berada di pesisir utara Pulau Dewata. Sedangkan bagi pembaca yang mungkin sering ke Denpasar dan Kuta adalah kota-kota yang ada di Bali Selatan. Obyek pantai di kota bersimbol “Singa Ambararaja” ini memiliki Pantai Lovina sebagai andalan. Kalau ingin melihat lumba-lumba di lepas pantainya, silakan datang sebelum jam 6 pagi, demikian kata Pak Komang. Saya sendiri berkesempatan datang ke pantai ini, sayangnya tidak di pagi hari. Bisa jadi hari-hari depan kesempatan itu datang. Amin… 🙂

P1040160

Rektorat UNDIKSHA

P1040152

Salah satu pojok Kampus Tengah UNDIKSHA

P1040172

Salah satu gerbang masuk kampus bawah UNDIKSHA

Oiya, pernah mendengar Universitas Pendidikan Ganesha atau UNDIKSHA? Kampus berpelat merah itu ada di kota ini. Dalam sejarahnya ia bermula dari salah satu fakultas dari Universitas Udayana yang ada di Singaraja, namun menjadi perguruan tinggi sendiri hingga saat ini. Saya berkesempatan main-main di kampusnya yang terdiri dari dua lokasi, yakni Kampus Bawah dan Kampus Tengah. Kenapa diberi nama Bawah dan Tengah? Karena dataran kedua kampus tersebut ada di bawah dan tengah. Lalu kampus atas? Hehe, kampus atasnya nggak ada. Luas kampus ini sedikit lebih sempit jika dibandingkan dengan Kampus ITS Sukolilo, Surabaya. Eits, tapi jangan salah, di tahun 2013 kampus ini bahkan bisa mengalahkan salah satu kampus negeri di Surabaya dalam hal perolehan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang diselenggarakan DIRJEN DIKTI. Bravo!

P1040171

Mbok-mbok di Kantin UNDIKSHA 🙂 🙂 😀 😀

Belum puas rasanya saya mengelilingi kota ini. But, someday I’ll be back! 🙂 [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s