Rose DeWitt Bukater dan Kisah Cinta di Atlantik Utara

Masih ingat pesona ayu Kate Winslet dalam film Titanic karya James Cameron? Si Mbak Winslet dalam film tentang tragedi Kapal Pesiar Titanic di tahun 1912 itu, memerankan tokoh Rose DeWitt Bukater, anak dari Janda Bukater yang dalam masa keterpurukan ekonominya. Dalam masa itu, ia jodohkan si Rose dengan Cal Hockley agar kembali kaya, walau Rose tak pernah setuju.

Titanic_3D_poster

Bersamaan dengan pelayaran perdana kapal pesiar terbesar di masanya itu, turut pula Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) yang mendapat tiket dari memenangkan judi. Sang sutradara menghantarkan scene demi scene untuk menggambarkan bahwa Rose dan Jack saling jatuh cinta. Bahkan Rose pun rela telanjang di depan Jack Dawson demi sebuah lukisan! Namun kisah cinta keduanya terpisah dengan kematian Jack Dawson, sesaat setelah Titanic disedot Atlantik Utara.

titanic foto

Lukisan telanjang dan hanya mengenakan kalung the Heart of the Ocean itu menghantarkan pertemuan Rose DeWitt Bukater dengan pemburu harta Titanic. Pertemuan itu terjadi di masa ‘sekarang’ dari film tersebut (tahun 1997). Rose DeWitt Bukater mengubah namanya menjadi Rose Dawson. Nona Dawson lantas menikah dengan Pak Calvert, yang dari pernikahannya, Rose Dawson-Calvert mendapatkan anak cucu. Dalam kisahnya, sang cucu inilah yang menemani Rose tua.

kalung

Rose tua menceritakan detil kisah cintanya pada sang pemburu harta Titanic dan kru kapal. Saking antusiasme nya mereka mengikuti cerita Rose Tua, mereka akhirnya sadar, bahwa nama Jack Dawson tidak pernah ada dalam catatan penumpang kapal Titanic di tahun 1912!

Kurang lebih berikut adalah jawaban Rose tua, “Saya kira memang tidak ada catatan mengenai dirinya. Saya bahkan tidak punya gambar dirinya. Tidak ada orang yang tau dirinya, SERTA TIDAK ADA YANG TAU BAGAIMANA PERASAANKU PADANYA, TIDAK JUGA KAKEKMU. Tapi setidaknya kalian kini tau bahwa ada seorang pria bernama Jack Dawson yang pernah mencintaiku, dan menyelamatkanku dengan sepenuh hatinya.”

rose syndrom

Kata-kata “SERTA TIDAK ADA YANG TAU BAGAIMANA PERASAANKU PADANYA, TIDAK JUGA KAKEKMU” saya kapitalkan. Untuk memberikan penekanan perkataan Rose Tua yang mengatakan itu pada cucunya.

Melihat adegan Rose Tua mengatakan itu pada cucunya, memberi pertanda betapa dalam perasaan cinta Rose pada Jack Dawson. Bertahun-tahun dia menikah dengan Pak Calvert, bahkan dia masih cinta dengan Jack Dawson!!!

Barangkali ini yang dinamakan oleh peribahasa sebagai susah ditebaknya perasaan wanita. Ia bisa saja menikah dengan lelaki lain, tapi dalam hatinya yang paling dalam terpaut dan terpatri pada sosok pria yang dicintai. Betapa Rose menyampaikan hal bohong pada Pak Calvert selama bertahun-tahun. Ciuman mesra, pelukan dan sentuhan sayang selama bertahun-tahun dengan Pak Calvert adalah bohong semata! Bahwa dalam hati Rose DeWitt terpatri nama Jack Dawson, selamanya!

Tampaknya sindrom serupa juga dialami oleh banyak wanita, hingga masa kini! Seperti gejala-gejala mengingat mantan pacar, selalu mengikuti perkembangan dari kehidupan sang mantan pacar. Terlebih jaman media sosial yang begitu gencar seperti sekarang. Melalui status Facebook dan foto-fotonya, sang wanita tetap bisa melihat aktivitas dan perkembangan hidup mantan pacarnya, yang ternyata masih dicintainya.

Ah… misal saya bertemu dengan seorang Rose DeWitt masa kini, saya akan berujar padanya, sudahlah, lupakan mantan pacarmu, ikhlaskan, lepaskan dia. Jalani kehidupan dengan suamimu. Lihatlah suamimu, jodohmu adalah lelaki terbaik bagimu yang akan selalu berusaha mencintaimu. Jangan membuat suamimu ragu padamu. Karena ia akan berpikir, apakah istrinya mencintai dirinya atau lebih pada mantan pacarnya. Hentikan aktivitasmu mengikuti media sosial milik mantan pacarmu.

Mungkin kisah cintamu dengan mantanmu belum tuntas. Mungkin mantanmu pernah menyakitimu. Mungkin juga mantanmu pernah menyentuh dan menjamahmu. Relakan, ikhlaskan ia dengan siapapun ia nanti berjodoh. Tak usah engkau turut campur. Suamimu jangan sampai meragukan perasaanmu. Jika kau teruskan, ingatlah, ia akan sangat curiga selalu terhadap perasaanmu. Karena ternyata—sebagaimana yang dialami Rose DeWitt—ciuman dan pelukanmu dengan suamimu tidak bisa menghilangkan rasa cintamu dalam hatimu. Karena sudah terpatri, sudah terpaut dengan mantanmu. Lepaskan, ikhlaskan.

Mengutip dan mengadaptasi kalimat (yang kata orang kalimatnya Gus Dur), bahwa “Tidak ada urusan cinta-cintaan di dunia ini yang perlu dipertahankan hingga mati-matian!” walaupun kata orang ada cinta mati. Sudahlah… lepaskan… ikhlaskan… jangan terus mengingat mantanmu. [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s