Tips Rampung Skripsi dan Tesis: Hanya Perlu Semangat Membara ala Ian 5 CM

Dikisahkan dalam buku dan film berjudul ‘5 CM’, bahwa dari 5 orang bersahabat, hanya terdapat seorang saja yang belum lulus kuliah. Dinarasikan oleh Herjunot Ali alias Zafran, Ian (Igor Saykoji) sendiri yang belum selesai skripsi (termasuk juga Tugas AKhir dan tesis) dan belum lulus kuliah akibat terkena tiga kutukan. Kutukan pertama adalah game, kutukan kedua adalah mie instan, dan kutukan ketiga adalah film bokep. (kamu termasuk yang mana? 🙂 😀 ).

2

Ian (Igor Saykoji)

Titik balik Ian bermula ketika Genta (Fedi Nuril) mengajak kelima temannya untuk berpisah dan tidak berkomunikasi selama tiga bulan. Tekad Ian untuk menyelesaikan Skripsi (Tugas Akhir) dan lulus kuliah dimulai. Waktu yang ia miliki hingga kelulusan hanya tiga bulan.

3

Belum lulus sendiri diantara berlima

Langkah pertama yang Ian lakukan ialah menghadap dosen pembimbingnya, dikisahkan bernama SUKONTOLEGOWO (tapi jangan diputus namanya 😀 ). Deadline tulisan pun dimulai oleh sang dosen. Jawaban keras muncul dari mulut sang dosen kala Ian menawar deadline tersebut, sahutnya, “Kamu SD berapa tahun, Yan?”

1b

Tiga kutukan Ian

“Enam tahun, Pak.” Ian menjawab dengan polos.

“Kalau kamu kuliah lebih dari enam tahun, berarti otakmu otak SD!” makjleb! Aduh…. :O  😦

Namun berbagai deadline dan dibalik kata-kata keras sang dosen banyak solusi yang diberikan, termasuk data kuesioner yang dibutuhkan untuk selesainya Skripsi. (walaupun kata-katanya Makjleb 😦 ).

5

Inilah kegiatan dalam durasi 40 Menit dalam mengerjakan Skripsi, Tugas Akhir, dan Tesis

Singkat cerita, melalui berbagai tantangan, penolakan kuesioner, deadline dari sang dosen pembimbing, kantuk menggelayut, stress, beban kebingungan, hingga godaan syahwat (eh????), akhirnya waktu tiga bulan pun tiba. Skripsi Ian dinyatakan layak untuk diujikan dalam sidang! Dan lulus! Wow! Diluar akal, hanya dalam waktu 3 (tiga) bulan Skripsi Ian selesai, dan lulus!

6

Ian dan bapak SUKONTOLEGOWO (jangan diputus namanya 😀 )

Mungkin ada yang bilang, ‘ah, itu kan film, percaya banget ama film!

Whatever you say, apapun kata mulutmu, memang kejadian itu nyata (curcol kah ini? 😀 😀 😀 ). Mungkin waktu tiga bulan seperti sempit. Mungkin waktu tiga bulan seperti mustahil. Tapi yakinlah, dengan semangat membara ala si gendut Ian, doa, usaha keras memaksa diri sendiri, ridlo orang tua, dan dukungan nyata dari pasangan (bagi yang sudah berkeluarga 🙂 ), InsyaAllah dalam waktu tiga bulan Skripsi (Tugas Akhir dan Tesis) kalian dapat selesai! Go Ahead, paksa diri kalian. 🙂 [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s