Madura Trip: Jason’s Story

Makam Asta Tinggi Sumenep siang ini begitu panas cuacanya. Tapi tak menyurutkan langkah seorang Jason Supriyanto untuk mengunjungi makam raja-raja Sumenep itu. Oiya, kenalkan ia, seorang bule warga Negara AS bernama Jason Supriyanto. Kok Supriyanto? Iya, karena saya lupa menanyakan siapa nama belakangnya, jadi saya ngawur aja dia bernama belakang Supriyanto. 😀 😀 😀

Gerbang di Asta Tinggi, Sumenep Madura

Gerbang di Asta Tinggi, Sumenep Madura

Siang itu ia tidak sendiri, ditemani seorang guide cewek, seorang Indonesia. Tapi ia datang dari Amerika ke Indonesia sendirian. Tanpa melebih-lebihkan, saya menangkap antusiasmenya, saat kami bercakap dan saya amati selama ia berburu makam-makam di seputaran Asta Tinggi untuk ia potret. Berbanding terbalik dengan sang guide yang lemes, mungkin karena berpuasa.

Dari percakapan dengannya pula, saya ketahui kalau ia seorang backpacker yang tengah mengunjungi berbagai wilayah di Indonesia. Di sela-sela percakapan kami ia menambahkan, “You have good English” (ayolah mister… jangan terlalu jujur kalo berbohong… nanti puasa nya batal loh… Bahasa Inggris saya mah masih Elementary. Teman saya saja bilang kalo bahasa inggris saya masih logat medhok khas orang Jawa 😀 😀 😀 😀 ).

Dari Surabaya bersepeda motor lebih dari tiga jam, ia berkunjung ke Sumenep ‘cuma’ ingin memotret makam-makam. Dari percakapan siang tadi juga saya pikir pengetahuan Jason seputar Indonesia cukup bagus. Malah-malah ia fasih menyebutkan adanya Walisonggo (wali Sembilan) yang ada di Jawa.

Penulis berpose dengan Jason Supriyanto. (Supriyanto???? :D :D :D )

Penulis berpose dengan Jason Supriyanto. (Supriyanto???? 😀 😀 😀 )

Pada kunjungan kelimanya ke Indonesia kali ini, ia berencana ke beberapa tempat di Indonesia. Saya tambahkan ke dia, “enak ya. Bisa jadi kamu lebih luas berpetualang di wilayah Indonesia daripada saya.” Sambil dalam hati berkata, ‘ya jelas, lah wong kurs uang dollarmu mengalahkan rupiahku.’ :p :p :p [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s