Madura Trip #3: Al-Faraby Institute

Satu hari saya melihat teman saya membuka sebuah halaman grup Facebook dari akunnya, nama akun Facebook tersebut ialah Al-Faraby Institute. Satu nama yang mengingatkan saya pada ‘institute-institute’ yang lain, macam The Wahid Institute, atau Akbar Tandjung Institute. Bedanya dua institute yang saya sebut terakhir berpusat di Jakarta, sedangkan Al-Faraby Institut berada di Pragaan Sumenep Madura. 🙂

Pagi ini (21/7/14) saya berkesempatan main langsung ke tempat orang-orang kreatif itu, bukan sekedar via laman Facebook. Mereka tengah melangsungkan kursus Bahasa Inggris di sebuah gedung Madrasah Diniyah, tak jauh dari basecamp mereka. Sasaran kegiatan mereka adalah adik-adik pelajar usia sekolah hingga mahasiswa. Kebetulan hari-hari ini kegiatan sekolah sudah mulai libur. (sayangnya saya tidak membawa kamera ke tempat tersebut. 😦 ).

Salah seorang anggota ALFIN (Al-Faraby Institute) berkata pada saya, “Kegiatannya cuma bisa mengumpulkan 30 anak.” Walah… kata-kata “cuma” saya pikir terlalu merendah. Apapun kondisi dan berapapun peserta kursus pagi itu, tidak boleh hanya dibilang “cuma”. Kegiatan yang saya lihat tadi pagi adalah suatu hal yang positif. Dan yang dimaksud positif itu tidak harus dinilai dengan gebyar macam kampanye PILPRES, kan….

Kontribusi nyata mereka disamping memberikan pendidikan secara langsung pada adik-adik di sekitar Pragaan Sumenep, ALFIN juga mempunyai kerjasama langsung dengan salah satu dinas di lingkungan Kabupaten Sumenep. Disamping pendidikan bahasa, seorang anggota juga mengatakan bahwa mereka juga bergerak dalam pendampingan dalam bidang kewirausahaan. Ketika saya menceritakan desa asal saya di Bungah Gresik Jawa Timur yang memproduksi Peci atau Songkok Nasional, mereka berminat untuk mengetahui proses produksinya. Monggo… 🙂 [Afif E.]

Tinggalkan Balasan

