Berbagai Cara Ditempuh, Agar Informasi Sampai

Judul tulisan yang saya gunakan dalam artikel ini adalah kutipan saya dari ucapan Prof. Suprapto. Koordinator KOPERTIS Wilayah VII yang juga guru besar Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.
Ucapan Prof. Suprapto tersebut muncul dalam sebuah acara, ketika seorang dosen dari sebuah Perguruan Tinggi di satu kabupaten di Jawa Timur, bertanya kenapa tak pernah ada surat dikirimkan ke kampusnya berkenaan dengan informasi seputar perguruan tinggi.
Jawaban Prof. Suprapto begitu mengena. Kurang lebih sebagai berikut. Catatan: mohon diperhatikan bahwa beberapa kalimat saya tulis sejauh ingatan saya, mengingat saat itu tidak saya catat.
Prof. Suprapto: cepat mana, informasi (surat) dikirimkan lewat pos atau web?
Peserta dalam acara tersebut tentu mengiyakan lebih cepat lewat web.
Lantas Prof. Suprapto menambahkan bahwa, lembaga yang dipimpinnya saat ini (Kopertis Wilayah VII) menggunakan berbagai macam cara agar informasi bisa sampai pada seluruh perguruan tinggi yang berada di bawah koordinasi Kopertis Wilayah VII. Dalam hal ini digunakan lah website untuk tujuan itu.
Saya perhatikan juga, langkah serupa ditempuh oleh beberapa instansi. Tidak lagi sekedar website, namun sudah merambah ke laman Facebook dan Twitter. Meski hingga hari ini masih saja ada yang sanksi dan mencibir, ‘informasi penting kok diumumkan di Facebook.’
Hal serupa juga pernah saya alami ketika di tahun 2011 secara ‘semena-mena’ menggunakan menggunakan sebuah grup Facebook untuk menyampaikan informasi. Beragam tanggapan muncul. Mulai dari ‘ucapan terima kasih’, hingga ucapan tidak mengenakkan macam cibiran ‘info lembaga kok ditaruh di Facebook’. Tapi biarlah. Saya waktu itu tidak menggubris habis cibiran itu. Hingga berbulan-bulan kelakuan ‘kurang ajar’ saya itu saya teruskan dengan terus update status informasi. Sedangkan sebagian yang lain malah berpikir bahwa grup tersebut adalah grup resmi dari lembaga tempat kerja saya. Aduh!
Serupa dengan kalimat Prof. Suprapto, dengan jalan (baca: media) apapun akan ditempuh, demi sampainya informasi. Walau dengan Facebook sekalipun. Catat! [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s