Ketelatenan Sebuah Promosi

Menyaksikan video kepunyaan Wageningen University, Belanda, membuat saya mikir (baru kali ini mikir??? 😀 ). Sampek se-telaten itu mereka melakukan promo kampus. Tidak sekedar promo tentang penelitiannya, bukan pula hanya tentang pengajaran di kelasnya, apalagi soal mahasiswanya yang demo harga BBM. Bukan… Sama sekali bukan.
Yang mereka promosikan dalam video bertajuk “How to get to Wageningen” adalah, sebagaimana judul videonya, bagaimana bepergian menuju kampus Wageningen University dengan kendaraan umum. Just it, hanya itu, iku tok! Gusti… Telaten bener nih kampus dalam menuntun warga baru.
Beberapa kampus di Indonesia saya lihat sudah punya panduan mengenai berkendara umum untuk menuju lokasi kampus. Namun perlu diperhatikan, yang dicantumkan hanya teks di laman web! Kalo cuma teks itu, si Wageningen University ini sudah punya juga.
Yang berbeda jelas video berdurasi 2 menit 44 detik ini. Setting video bermula dari bandar udara Schipol, lantas beralih naik kereta, lantas beralih kendaraan Bus. Digambarkan begitu rinci dalam video ini.
Sepanjang video pendek ini, si model Mbak-mbak londo ini (sebut saja Sumariyati) memeragakan bagaimana menukar uang Euro, membeli tiket dengan vending machine, melakukan tepukan (baca: tap) pada mesin pemindai untuk menumpang tiap angkutan umum. Tak kelewatan juga tips bahwa kalau kita lupa menepukkan kartu tiket ke mesin pemindai, maka kita akan kena denda (jadi ingat pengalaman pribadi saat kena denda di stasiun Komuter Sudimara, Jabodetabek 😦 … Sakitnya tuh di dompet! 😀 ).
Saya jadi termenung, mereka saja yang kampusnya berlokasi di negara dengan sistem transportasi terpadu tetap menuntun dan membikin panduan tentang menuju kampusnya. Nhah, sekarang, untuk menuju ke kampus dimana saat ini saya turut membantu, yang dengan sistem transportasi negeri ini yang kusut.
Wah… Perlu ini, perlu dibikin video tutorial bagaimana cara menuju Sekolah Tinggi Teknik Qomaruddin Gresik. Kaepo rek! (bagaimana, rek!).
Tampaknya yang perlu dibidik adalah bagaimana menuju kampus kami dari bandara Juanda, Sidoarjo-Surabaya. Tak lepas juga cara menempuh perjalanan kalau menumpang bus, lalu turun di beberapa terminal akhir (Terminal Bunder, Gresik; Terminal Purabaya Sidoarjo yang kepunyaan Pemkot Surabaya 😀 ; atau bahkan sampai dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Perlu ini. Walau kampus kami berjarak hanya satu setengah jam dari Surabaya, tapi dengan karut marutnya transportasi Indonesia, maka video tutorial perjalanan ini akan sangat bermanfaat. [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s