Rumus Kecepatan dan Kenyataan

Dalam ilmu Fisika, kita kenal adanya rumus kecepatan yang disimbolkan dengan “v”. Untuk menghitung “v”, maka kita kita bagi jarak yang disimbolkan dengan “s” dengan waktu, yang disimbolkan dengan “t”.
Sebagai permisalan, untuk mengetahui berapa kecepatan seseorang yang menempuh perjalanan dari Gresik ke Surabaya, maka kita tinggal membagi 100 KM dibagi dengan 2 Jam. Maka kita dapati, kecepatan yang dilakukan selama perjalanan adalah 50 KM/Jam. Akan tetapi… Tentu ada akan tetapinya.
Rumus “v = S/t” seharusnya tidak dipandang sebagai sesuatu yang terpisah dengan kenyataan. Sebagaimana yang pernah diungkapkan oleh Ibu Prof. Siti M. Amin, dari UNESA. Bahwa realitanya tidak demikian.
Dalam benak saya, seharusnya rumus “v = S/t” diubah menjadi “v = (S/t) + tn1 + … tnn”.
Simbol “tn” adalah simbol untuk “Waktu Noise” atau waktu gangguan. Coba saja kita perhatikan. Perjalanan dari Gresik ke Surabaya tentu akan melewati beberapa titik kemacetan. Yang itu berarti, jika tanpa ada macet, harusnya seseorang bisa menempuh perjalanan kurang dari 2 Jam!
Banyak contoh lain adalah tentang penyerapan anggaran dari Pemerintah. Banyak pihak yang menyatakan bahwa Pemerintah begitu lambat dalam penyerapan anggaran. Kok nggak dipakek-pakek? Emangnya buat apa?
Dalam rumus kecepatan, harusnya anggaran itu tinggal dikeluarkan, dibelanjakan, dan dituliskan pelaporannya. Sudah. Namun, come on… ini soal birokrasi juga bro… Huff. Barangkali dalam kamus reformasi ada pemangkasan pola birokrasi. Itu kan yang ada di atasan sono. Lah, yang di bawah kan orang lama masih begitu banyak.
Nulis apa sih saya? 😀 Entahlah saya ini nulis apa. Tapi yang jelas, saya nulis bahwa noise harus diperhitungkan. Kalau satu noise saja menghambat kecepatan suatu pekerjaan, maka harusnya noise nya jangan ditambahkan. [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s