Bertualang Saat Listrik Padam

Tanggal 28 Oktober 2015 pukul 17.00 – 19.00 WIB di seputaran Desa Bungah, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, terjadi pemadaman listrik. Mungkin ada pemadaman bergilir, atau gangguan pada jalur. Masih syukur hanya padam sesekali. Coba bayangkan dan bandingkan dengan saudara kita yang ada di Pontianak, Kalimantan. Mereka mengalami “nyala bergilir”, karena saking jarangnya listrik nyala. Namun tulisan saya ini tidak fokus pada pemadaman bergilir tersebut.
Kisah saya ini adalah nostalgia saya pada ingatan masa kecil. Yang saya pikir bahwa masa kecil saya adalah masa lalu yang tidak terlalu jauh. The not too far past.
Listrik padam bagi anak-anak seusia Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD), sebenarnya sesuatu yang bikin penasaran. Malah-malah menakjubkan. Tentu sebagai generasi dimana listrik adalah hal yang lumrah dan menerangi seluruh sudut kampung, membikin kondisi listrik padam sesuatu yang sangat ‘luar biasa’. Maka jadilah kami, saya dan sepupu serta teman sekampung, berkeliling kampung-kampung yang lain. Melakukan penjelajahan dengan sensasi gelap gulita tanpa listrik dan penerangan.
Walaupun ada larangan dari orang-orang tua yang mengatakan bahwa jangan main dalam gelap karena akan diculik Wewe Gombel (sebangsa Kuntilanak, Kuntilayah, dan Kuntilteman 😀 yang suka menculik anak). Alih-alih percaya dengan ungkapan itu, bagi anak-anak malah sebuah tantangan untuk dapat bertemu dengan si Wewe Gombel. Hahahaha … Barangkali tabiat ini juga yang menjalari setiap manusia. Semakin dilarang, semakin penasaran. 😀
Kini, saat saya mengahadapi laptop saya dan menulis artikel ini, bertahun kemudian semenjak petualangan listrik padam terakhir saya, ternyata saat ini masih ada!
Tengok saja. Semalam, di saat hiruk pikuknya saya mencari jalan dengan penerangan dari sepeda motor, tak kurang gerombolan anak-anak dalam geng mereka masing-masing bertualang. Berusaha menemukan sosok misterius, si Wewe Gombel. 😀
Selamat menemukan Wewe Gombel, Dek… 😀 [Afif E.]

Tinggalkan Balasan

