Dicurigai Membuntuti Mahasiswi

Gontai langkahku saat menuruni shelter bus Trans Jogja di dekat Kampus UIN Sunan Kalijaga, 5 Desember 2015. Rasa kantuk dan lelah setelah berjalan kaki di sepanjang Malioboro, Gedung Agung, Benteng Vredeburg, Alun-alun Kidul Kraton Jogja, hingga Plengkungan Nirboyo. Inginku segera tepar dan tidur di kosan teman-teman IKBAL (Ikatan Keluarga Besar Alumni) Qomaruddin di daerah Sapen, Yogyakarta.
Kususuri trotoar sisi barat jalan dimana kampus UIN bersisian. Malam itu pukul 9, sudah lumayan gelap. Kupercepat jalanku, karena memang mata ini sudah mengantuk sekali, ingin segera sampai. Tak kuhiraukan betul, ada dua mahasiswi di depanku.
Barangkali karena terkejut dengan seorang lelaki berjalan di belakang mereka di gelapnya trotoar, mereka malah ikut berjalan semakin cepat. Kali ini sesekali mereka tengok ke belakang, ke arahku. Suasana paranoid menyergap di gelapnya trotoar malam itu.
Alih-alih hanya dua mahasiswi itu yang takut karena curiga dibuntuti, aku sendiri juga paranoid dengan semakin takutnya mereka. Jangan-jangan mereka teriak “maling” padaku, dikeroyok orang mampuslah aku!

“Mbak… Permisi, saya duluan saja, supaya mbak berdua tidak takut…” kataku.
Keduanya terdiam, lalu memberikan jalan padaku.

Tapi tunggu dulu, jangan bayangkan adegan saya memanggil kedua mahasiswi itu benar-benar ada. Itu hanya hayalan saya saja! Hahaha 😀
Alih-alih bertindak ‘heroik’ seperti dalam hayalan saya itu, pikiran usil saya muncul. Semakin mereka berjalan cepat, saya percepat juga langkah saya. Dan gandengan tangan mereka juga semakin erat! Alamak… Macam di sinetron Turki saja. 😀
Adegan kejar-kejaran ini berakhir begitu mereka berdua sampai di depan gerbang kampus sisi barat yang memang benderang dengan lampu di gerbangnya. Banyak orang juga di situ. Sehingga saya tak jadi menculik mereka. 😀 😀 😀
Aduh… Ada-ada saja. Orang manis macam saya kok sampeyan curigai mbuntuti toh mbak… Mbak… 😀 [Afif E.]

Tinggalkan Balasan

