Ternyata Namanya Dubbing

Berparas bule, berambut pirang, namun lancar berbahasa Indonesia. Saya terheran-heran. “Kok bisa, ya?” pikir saya. Bahkan bisa jadi saya kalah fasihnya dalam berbahasa Indonesia secara lancar.
Termasuk juga yang bikin saya heran adalah ada serial televisi, orang-orangnya berparas seperti orang Indonesia, namun saat bercakap gerak bibirnya berbeda dengan suara yang muncul. Sangat berbeda.
Waktu itu saya masih duduk di bangku Madrasah Ibtidaiyah. Entah waktu itu tidak ada tontonan yang lainnya, atau memang saya ikut-ikutan nonton gara-gara semua teman sekelas heboh dengan telenovela ini. Yang jelas telenovela yang kala itu sedang booming seingat saya adalah telenovela yang dibintangi oleh Gabriela Spanic.
Bahkan yang bikin saya makin penasaran waktu itu, saat diundang ke Indonesia, Gabriela Spanic tidak bisa berbicara bahasa Indonesia! “Loh, kok bisa????” makin penasaranlah saya.
Ternyata barulah saya tahu tahun-tahun setelahnya, bahwa itu hanyalah sulih suara alias dubbing. Jadi bule-bule itu suaranya hanya diisi oleh orang Indonesia. (eh, bener gak sih, istilah Indonesia nya “Sulih Suara”? 😀 )
Tidak demikian yang saya dapati saat sinetron Indonesia ditayangkan di Malaysia. Ia dibiarkan berbahasa Indonesia. Namun dengan penambahan transkrip di layarnya. Mungkin kita lebih akrab dengan sebutan subtitle. Jadi kasusnya  berkebalikan dengan kartun Malaysia yang populer di Indonesia. Televisi di Indonesia tidak menggantinya dengan isian suara bahasa Indonesia. Maka jadilah telinga kita ‘kaget’ dengan ucapan “kencangkan tali keledar (dengan huruf “r” agak cadel).” Boleh jadi ikhwal tuh tak jadi macam cabaran bagi kite orang. *ah, pakcik nik cakap ape? 😀
Okeh, okeh. Sekarang saya paham. Ternyata yang seperti itu namanya dubbing. Jadi saya tidak perlu penasaran lagi, kenapa juga Doraemon bisa berbicara bahasa Indonesia dengan lancar. Padahal kelahiran Jepang. 😀 [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s