Berita Berlebih Tentang Mirna dan Jessica: Apa yang Tengah Disembunyikan Media Massa?

Sebuah peristiwa akan menjadi berita hanya jika bernilai bombastis. Itu adalah kalimat yang saya tangkap saat mengikuti pelatihan jurnalistik, bertahun yang lalu. Yang ingin saya soroti dalam artikel ini adalah pemberitaan bombastis dan berlebih pada kasus pembunuhan Wayan Mirna.
Sebelum lanjut, saya ingin menegaskan bahwa tulisan ini tidak bermaksud mengurangi rasa duka cita saya pada keluarga yang ditinggalkan. Saya menembak pada sisi yang berbeda: pemberitaan yang berlebih.
Hingga tengah bulan Agustus 2016 ini saja, sudah kelewat sering berita seputar sidang pembunuhan Wayan Mirna Salihin itu diputar media. Catat: kelewat sering, berlebihan.
Pernah saya menuliskan artikel tentang betapa scope pemberitaan media massa berlabel “nasional” yang terlalu menyorot soal Jakarta. Padahal Indonesia membentang begitu luasnya. Saya yakin, tanpa mengecilkan makna sebuah ibukota, label “media massa nasional” haruslah mengambil sudut pandang lebih luas.
Kali ini saya semakin salah duga. Dalam kasus Mirna dan Jessica, media massa begitu memberondong “hanya” sebuah tragedi satu keluarga kecil di tengah hiruk pikuk Jakarta. Betapa tidak sensitifnya media massa, sehingga mengecilkan kebutuhan sekian juta pemirsa akan kebutuhan informasi. Ataukah saya yang kurang peka? Apa bedanya racun di kopi Mirna dengan racun sianida pejuang HAM, Munir?
Saya malah jadi bertanya sendiri: isu apa yang tengah disembunyikan oleh media massa itu? Sehingga selalu mengulang berita Mirna dan Jessica dengan begitu intens. Mengalahkan jam siaran sinetron kejar tayang.
Siapa Mirna dan Jessica? Pertanyaan pribadi saya itu tak juga menggerakkan saya untuk mencari lebih jauh di Google.
Apa implikasi bagi bangsa ini saat sidang Mirna dan Jessica sudah selesai? Sedangkan kasus pembunuhan seorang pejuang HAM saja terbengkalai. Disamping konteks kebenaran memang harus diungkap. Apa yang tengah disembunyikan oleh media massa? [Afif E.]

Tinggalkan Balasan

