Apa Definisi Laboratorium?

Bagi pembaca mungkin sudah akrab dengan istilah Laboratorium. Ya, laboratorium adalah tempat preparat-preparat dan berbagai jenis botol “Jin dan Jun”. 😀 #Ngawur

Dalam isian di borang akreditasi, isian Laboratorium juga ada. Hal ini kurang lebih memberikan penekanan arti penting keberadaan sebuah laboratorium bagi kelangsungan pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Laboratorium menjadi sarana bagi mahasiswa untuk membuktikan, melakukan ujicoba, dan melakukan praktikum untuk mengalami langsung fenomena keilmuan di tiap-tiap bidang ilmu.

Permasalahan muncul (seharusnya tidak dinamai masalah mungkin, ya. Toh cuma hal begini saja 😀 ). Sejalan dengan diikutsertakannya saya dalam kepanitian akreditasi. Ternyata ada dua pendapat berbeda tentang definisi laboratorium!

Pertama, laboratorium adalah tempat mahasiswa melakukan kegiatan pembelajaran. Layaknya yang sudah kita kenal. Macam laboratorium komputer, laboratorium bahasa, laboratorium kimia, dan berbagai jenis laboratorium lainnya.

Pendapat kedua, menyatakan bahwa, laboratorium adalah laboratorium penelitian. Yakni tempat dimana kumpulan ilmuwan dalam satu bidang membentuk kelompok penelitian, dan berada dalam satu payung laboratorium. Bagi pendapat Kedua, ‘laboratorium’ dalam definisi tempat belajar mahasiswa disebut sebagai Workshop atau bengkel.

Laboratorium yang merupakan komunitas penelitian dalam suatu program studi, masih menurut pendapat kedua, akan menelurkan beberapa produk. Produk pertama adalah publikasi penelitian. Produk kedua adalah kurikulum, yakni materi-materi apa saja yang dipandang perlu untuk dipelajari oleh calon ilmuwan dan cendekiawan masa depan, baik itu dilaksanakan di kelas maupun di workshop (yang bagi pendapat pertama disebut sebagai Laboratorium).

Baik pendapat pertama, maupun pendapat kedua, merupakan uraian yang saya dengar langsung dari dua asesor akreditasi yang berbeda orang. Nhah loh, kalo pada tingkat asesor saja ada silang pendapat begini, lantas apa definisi laboratorium yang sebenarnya? Monggo coret-coret di kolom komentar. 🙂 [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s