Nasi Lauk Kecap

“Ah, ayam bakarnya rasanya terlalu manis,” keluhku, “terlalu banyak kecapnya.”

Tak kukira ibuku yang tiduran tak jauh dari tempatku makan, berbicara: “padahal waktu kamu kecil sangat suka dengan nasi pakai lauk kecap, loh.”

Sejenak saya tertegun. Mungkin memang iya, ibu saya tau betul selera saya saat kecil begitu doyan makan nasi dengan lauk kecap. Namun bukan saya bermaksud “menghina”, ataupun tidak bersyukur pada makanan yang dihadirkan-Nya di hadapan saya.

Tapi, benar, ayam bakar yang ada di harapan saya kecapnya terlalu banyak. Terlalu manis, buat ukuran lidah saya.

Sama halnya dengan ayam goreng, yang akhir-akhir ini agak saya kurangi, namun tetap juga saya mau untuk menyantapnya. Karena ya itu tadi, rejeki. Alasan saya mengurangi makan ayam pun bukan karena alasan yang macam-macam. Mungkin lebih karena terlalu sering ditraktir makan lauk ayam goreng. Plus, ayam yang dijadikan lauk adalah ayam ternak yang cara beternaknya diberi berbagai jenis obat mulai dari si ayam menetas sampai disembelih. Faktor (baca: dugaan) penggunaan obat pada ayam ini terbukti. Saat saya memakan masakan olahan ayam buatan ibu saya, saya tidak merasa mual saat memakannya. Karena ayam yang diolah oleh ibu saya adalah ayam peliharaan sendiri di pekarangan belakang rumah.

Kembali lagi ke urusan kecap. Sebagaimana halnya ayam goreng, saya tidak membenci kecap. Terlebih jika yang saya dapati dihadapan adalah rejeki saya. Hanya saja, dalam kadarnya yang berlebihan saya kurang begitu suka. Terlalu manis, pun saya kurang begitu suka. Sederhana, kan? 🙂

Kata pembaca: Terus, tulisan ini tentang apa????

Epen: Ya, itu tadi. Tentang nasi lauk kecap. 😀 😀 😀 😀 [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s