Termos Air Selat Madura

Jpeg

Tremos Air Selat Madura

Ia hanyalah tremos biasa jika berada di rumah kita. Tremos yang hanya untuk menyimpan air panas. Lain lagi jika di tangan para pedagang asongan di atas geladak kapal penyeberangan selat Madura.

Saya selalu kagum sejak awal saya tahu. Saya perhatikan selalu tremos yang sudah bertambah-tambah fungsinya itu.

Sebagai fungsi penyimpan air panas, ia tetap mendapatkan tupoksi utama. Sebagai tempat menempelnya berjajar kemasan sachet minuman yang diseduh dengan air panas. Mulai dari aneka varian kopi hingga minuman sereal. Lalu bagaimana kemasan sachet yang banyak itu bisa “memeluk” tremos tanpa takut jatuh? Inilah inovasi para pedagang tersebut.

Bisa jadi mereka sudah menerapkan konsep daur ulang, jauh hari sebelum para pejuang lingkungan masa kini berteriak terlalu berisik. Para pedagang tersebut memakai plastik bekas kemasan kopi sebagai penempel, cukup ditambahkan stapler. Voila… jadilah kemasan sachet menempel berjibun tanpa takut jatuh lagi.

Belum berhenti di situ, sebagai tempat gunting dan sendok, para pedagang asongan juga menggunakan plastik bekas kemasan sebagai wadah kedua benda tersebut.

Lalu, kalau pembeli mendapat wadah apa? Para pembeli akan membeli dalam cup yang juga ada melekat di seputar tremos. Bagaimana tumpukan tremos bisa melekat?

Rupanya selongsong pipa dirancang sedemikian rupa. Dibikinlah pipa seukuran tinggi kurang dari ketinggian tremos. Salah satu bagian ditutup dan menjadi bagian bawah. Bagian atas dibiarkan terbuka, sebagai wadah tumpukan gelas cup. Keren….

Maka lengkaplah sudah peralatan tempur para pedagang asongan tersebut. Siap menjajakan dagangan dan berteriak: “pi… kopi…”, dan pembeli akan membeli dengan harga 3000 rupiah per cup. Wonderful! [Afif E.]

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s