Tiang Listrik dan Mahalnya Memiliki Teman yang Jujur

Entah bakal puluh atau ratusan akun media sosial yang akan digugat oleh pengacara Setya Novanto. Koran Jawa Pos pagi ini (19 November 2017) juga kembali mengulas drama tiang listrik dan tingkah polah Setnov dalam berkelit. Seolah kembali mengukuhkan betapa teman-teman sekeliling si Bapak adalah teman yang kurang baik dan jujur dalam berteman.

Teman yang mahal dan patut dipertahankan adalah teman-teman yang jujur, yang menerima kita apa adanya, yang akan selalu menjadi tameng saat kita jatuh, namun jujur mengingatkan kita saat kita melakukan kesalahan.

Nalar awam saya sendiri mengatakan betapa Setnov sudah sejauh itu berkelit. Hanya yang berkelit sedemikian jauh yang memang bersalah sedemikian berat. Meski nalar hukum mengatakan bahwa harus ada pembuktian, yang sampai hari akhir pun akan selalu dikatakan salah oleh pengacara Setnov.

Namun saya yakin akal orang Indonesia kebanyakan masih sehat. Kebenaran hakiki bukan ditentukan oleh hakim. Dan alhamdulillah memang demikian. Saya mengatakan demikian dengan masih banyaknya ujaran-ujaran positif di tiap sudut warung kopi di tempat saya tinggal. Orang kebanyakan masih mengatakan bahwa Setnov memang bersalah. Ratusan dalih Pengacara Setnov sama sekali tidak masuk kamus akal orang sehat, begitu yang saya tangkap dari pembicaraan orang di warung.

Sudah, saya tidak mau membahas terlalu jauh, jangan-jangan saya akan menjadi 200 juta penduduk Indonesia yang akan diperkarakan oleh Pengacara Setnov. Saya hanya menekankan bahwa teman yang mahal dan layak dipertahankan adalah teman yang berani mengingatkan kita saat kita salah. Jangan menjadi teman yang selalu membenarkan.

Sejarah yang akan membuktikan, anak cucu siapa yang akan malu memiliki orang tua yang tak punya malu. [Afif E.]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s