Be Original

Artikel ini saya tulis segera setelah saya menghadiri peluncuran bukunya LPM Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura (7 Desember 2017). Sedikit tersentil dengan kalimatnya pemateri, ibu Sirikit Syah, mantan wartawan yang saat ini ganti cangkul menjadi dosen di salah satu perguruan tinggi di Surabaya.

Apa yang membuat saya tersentil, yakni kalimat bu Sirikit yang menyatakan agar kita menulis secara asli, secara original. Jangan mengekor dengan topik tulisan penulis yang lain. Menurut Sirikit, dengan jalan menulis original inilah maka tulisan kita akan semakin menjadi acuan dan tak lekang. Sirikit lantas memberikan nama-nama penulis seperti Habiburrahman El-Shirazy dan Andrea Hirata yang menuliskan buku mereka dengan topik yang berbeda dari tulisan yang beredar saat itu. Sedangkan saat ini banyak tulisan yang mengekor dengan tema mereka.

Lalu saya bagaimana? Ah, masih banyak mengekor (tepok jidat). Hehehe. Next step, ya… Afif… jangan mengekor lagi. Kudu orisinil (original). [Afif E.]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s