Membaca Sejarah Bangsa Israel

Menarik hati membaca cerita seputar bangsa Israel, salah satu bangsa semitik. Dalam ajaran Islam (yang pernah saya terima), bangsa Israel dan bangsa Arab adalah satu saudara beda ibu satu bapak. Bapak mereka berdua adalah Ibrahim AS. Bangsa Arab beribu Hajar, sedangkan bangsa Israel beribu Sarah. Pembaca boleh mengkritisi bagian ini, dan bagian lain dari tulisan ini, asal menyanggah dengan bukti. Hehehe 🙂

Lanjut ke urusan bangsa Israel. Dimulai dari sejarah Nabi Yusuf yang setelah bebas dari tahanan dan menjadi salah satu petinggi kerajaan Mesir kuno. Nabi Yusuf lantas membawa serta keluarganya untuk tinggal di Mesir. Berabad kemudian, kali ini kita beralih ke jaman Nabi Musa. Nasib bangsa Israel pada masa Nabi Musa adalah masa kurang mengenakkan. Mereka menjadi budak dari bangsa Mesir. Dikisahkan dalam film Hollywood, mereka memprotes nasib, betapa Yusuf membawa mereka ke Mesir sebagai tamu undangan, sedangkan berabad kemudian mereka menjadi budak jalanan.

Maka kehadiran Nabi Musa seperti angin baru bagi bangsa Israel, nabi dari bangsa mereka sendiri. Namun sebagaimana kisah dalam ajaran Islam yang mengenalkan Israel sebagai bangsa keras kepala, mereka seperti menolak mentah-mentah “ide” Nabi Musa untuk membawa mereka keluar dari Mesir. Padahal tujuannya jelas, agar mereka tidak menjadi budak! Namun singkat kata, pada akhirnya bangsa Israel keluar dari Mesir menuju “tanah yang dijanjikan.”

Kita singkat cerita kita melangkah ke berabad kemudian. Kali ini kita tiba pada “pertemuan”angsa Israel dengan masa perang dengan kerajaan Romawi. Hingga kemudian tiba masa Diasporan, bangsa Israel terpencar ke berbagai negara, salah satunya di Eropa. Dalam keterangan “Jewish diaspora” yang ada di wikipedia bahasa Inggris, dijelaskan bahwa masa diaspora, atau terusirnya bangsa Israel setelah menderita kekalahan dengan Romawi, pada masa Kerajaan Judah.

Kita beralih berabad kemudian saat bangsa Israel sudah menjadi penghuni Eropa. Tinggal di Eropa pada masa Nazi jerman sebagai seorang Israel sepertinya menyeramkan. Dalam sejarah holocaust, yang menjadi korban kekejaman Nazi kala itu salah satunya adalah bangsa Israel, disamping para homoseksual. Hemmm, salah satu sejarah kelam bangsa Israel, dan Eropa pada umumnya, dimana dalam sejarah modern, “Eropa yang bertradisi sopan paling tinggi”  menorehkan sejarah kelam di tanah mereka. (disusul dengan sejarah kejam modern Eropa yang lain di wilayah bekas Yugoslavia).

Kita balik buku kita pada era proklamasi Israel oleh Ben Gurion.

Lahirnya proklamasi Israel oleh Ben Gurion sendiri pada akhirnya menumbuhkan kontroversi hingga hari ini. Hingga kini, masih ada yang belum mengakui Israel dalam hubungan diplomatik kenegaraan.

Dan masuk pada dekade terakhir, Israel benar-benar menghujamkan kekuasaan di tanah air mereka, Israel. Dengan semena-mena mereka mengusir bangsa Palestina, bangsa Arab yang pada dasarnya saudara sebapak mereka.

Memandang roket dan bom dari tank Israel ke pemukiman Palestina, kira-kira apa yang terjadi jika bangsa-bangsa di dunia sudah muak dan marah dengan kelakuan kejam mereka?

Apakah akan terjadi pembalasan atau karma bagi anak-anak Israel di masa mendatang? Akankah ada “perbudakan Israel” kedua. Akankah ada “Diaspora Israel” kedua? Akankah ada “Holocaust Israel” kedua? Entahlah. Waktu yang menjawab. []

Iklan

3 thoughts on “Membaca Sejarah Bangsa Israel

  1. jimmy berkata:

    Ke depan..Insya Allah..negara Israel yang didukung Inggris Peracis dan AS, Eropa pada umumnya akan hilang dari peta dunia….Eropa dan AS juga akan hancur karena kerakusan kekuasaan dan keserakahan mereka….Perang Dunia III atau IV atau apa pun istilahnya hanya tinggal menunggu waktu….Israel dan AS tahu pasti musuh mereka adalah ISLAM……atau yang berjiwa Islam, yang menolak hegemoni dunia oleh AS Israel dan Eropa….dan yang mendukung keadilan dunia atas kebiadaban AS dan Israel….negara yang gemar membunuh manusia sampai detik ini adalah Israel dan AS….tiap menit mereka (semoga ALLAH SWT menghancurkan mereka!….) membunuh anak-anak Palestina…setiap menit setiap jam setiap hari….tentara AS membunuh manusia di Afghanistan di Pakistan….apa kata PBB?….Kami orang Indonesia hanya bisa berdoa semoga ALLAH SWT menegakkan keadilan di dunia ini….Kami mendukung negara yang berani melawan kerakusan dan keserahahan AS dan Israel dan antek2nya….Rusia China Iran dan negara2 lain yang mendambakan keadilan di duna ini mendukung mereka bersatu untuk melawan kepongahan dan kebiadaban AS dan ISrael dan Eropa yang mendukung negara penjajah tsb….ALLAHU AKBAR….

  2. mena muria berkata:

    jangan bicara eolah olah anda anda di indonesia ini bersih dari dosa, kalian masih ingat di benak kalian kejadian yang menimpah kami di maluku tahun 1999, apakah kalian ga sadar??? betapa bejat dan biadab bangsa islam jawa dtang berbondong bondong datang menyerbu kami umat kristen maluku. dengan tangan pemerintah kalian enak mengklaim bahwa ini perbuatan kami. kalian rampok dan jarah harta kami. tapi kalian sadar berapa jumlah kalian yang mati di maluku?? 17000 manusia jawa yang mati di maluku(data kejati maluku) saya punya bukti lengkap itu kalian berencana membumi hanguskan ras kami di maluku dengan membohongi sudara kami islam ambon. apakah kalian mau bicara kebiadaban israel?? sedangkan kalian yang paling biadab. supaya kalian tau bahwa kami adalah israel kecil di asia tenggara. kami tidak terkalahkan karna kami punya tuhan yang selalu tolong kami. sama dengan israel skarang. tancapkan dalam kalian punya otak YANG BISA BISA BUMI HANGUSKAN KITA CUMA TUHAN YESUS ZG ADA SATU MANUSIA DI DUNIA INI YANG BISA BUMI HANGUSKAN KAMI DI MALUKU. kalian punya rencana jahat untuk mensyariat islam di indonesia tapi tuhan zg buta kawan. kalian melalui pemerintah kalian itu penjahat perang dan teroris terorganisir. kalian perlakukan kami dengan papua seperti binatang, di pukul di tendang di siksa. tapi kami tetap sabar karna kami percaya tuhan yesus su atur samua. kalian hanya berani lawan kami di balik loreng loreng aparat dengan senajata. coba kasih senajata lalu kita liat sapa yang paleng jago dalam perang??? kalian islam jawa to biadab jadi jangan sok jadi pahlawan for palestina, kalian juga teroris………….!!!!!

  3. Muhammad Afif Effendi berkata:

    saya yakin anda bagian dari Israel yang baik. Karena tidak dapat digeneralisir bahwa semua Israel itu jahat. Begitu juga sebaliknya, orang Jawa tidak semuanya bertindak seprovokatif itu. Kalau memang ada orang Jawa yang bertindak demikian, hanya beberapa oknum yang “kebetulan” lahir sebagai Jawa. Mari membangun masa depan Indonesia yang lebih cerah. thanks for your comment. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s