Pasar Bandeng Kota Gresik

Memasuki halaman grup Facebook Gresik Sumpek, ada satu foto yang diunggah oleh Cak War. Foto tersebut dipasang dengan judul PASAR BANDENG GRESIK 1952. Hemmm, jadi pengen cepet2 berangkat. 😀

berawal dari status inilah... hahaha

Ini foto beneran dari tahun 1952 gak sih? hemm, siapa yang tau hayo...

Berangkat dari situ saya mencari-cari artikel tentang pasar bandeng. hemm, ternyata cukup banyak yang mengulas tentang pasar tahunan tersebut(eh, betul tahunan ya? :D). Dan dari kata pencarian “pasar bandeng,” saya baru tau kalo ada situs resmi Visit Gresik. hehehe…dasar telmi.

Berikut ini saya pengen menuliskan beberapa hal tentang pasar bandeng, yang sudah dituliskan dari beberapa halaman. Ceritanya “sedikit” mengutip. 😀 Itung-itung persiapan jalan-jalan ke pasar bandeng tahun ini.

Apa Pasar Bandeng itu? (barangkali mau tanya. hehehe)

kata Visit Gresik, pasar bandeng itu biasanya diadakan dua hari menjelang malam takbiran Idul Fitri. Untuk menyambut lebaran idul fitri, di pasar kota Gresik dijual ikan bandeng segar yang baru dientas (diambil) dari tambak. Dari bandeng ukuran sedang hingga bandeng besar atau kawak. Khusus bandeng kawak diberi tempat khusus yaitu panggung lelang. Bandeng kawak satu ekor beratnya bisa mencapai 10 kg lebih. Dan karena di lelang maka harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

Sejak Kapan Pasar Bandeng Ada?

Tradisi ini pertama kali diadakan oleh Sunan Giri untuk mengangkat perekonomian rakyat setempat(Gresik, Pen). Ini kalo kata halaman Jelajah Budaya. Wow, berarti nih pasar sudah ‘menggejala’ dan berumur hampir sama dengan umur kota Gresik itu sendiri. Masih kata om Jelajah Budaya, Kala itu, di abad 15 Sunan Giri mulai membantu perekonomian masyarakat dengan cara mengolah dan memasarkan hasil bumi. Hingga kini, masyarakat Gresik masih melestarikan warisan Sunan Giri yaitu  dengan membuat dan menjual kue Pudak dan penyelenggaraan Pasar Bandeng.

Wow, hebat.. hebat… siapkah anda menyambut pasar bandeng tahun ini? 🙂 [Afif E.]

Iklan

One thought on “Pasar Bandeng Kota Gresik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s