Perpustakaan PATABA di Rumah Pramoedya

Beralamat di Jalan Sumbawa 40 Jetis Blora Jawa Tengah, anda akan mendapati sebuah rumah lawas bergaya bangunan jawa kebanyakan. Ada sedikit yang berbeda dengan rumah ini, walaupun arsitekturnya seperti kebanyakan rumah di sekelilingnya. Iya, rumah ini adalah rumah masa kecil Pramoedya Ananta Toer. (siapa sih Pramoedya Ananta Toer? Hemmmmm… kamu itu loh, kok ya belum kenal pak Pram. 🙂 lengkapnya baca di link ini aja… biar nggak ganggu tulisan saya.. 😀 ).

Ketika saya datang ke rumah ini mengikuti paman dan sepupu saya, tengah dihelat hajatan haul dalam rangka tujuh tahun wafatnya Pramoedya Ananta Toer. Dalam kesempatan tersebut, kami ditemui oleh Soesilo Toer, adik kandung dari Pram.

Mbah Soes, demikian beliau akrab disapa, merupakan penghuni rumah tersebut diantara Toer bersaudara. Mbah Soes mengelola sebuah perpustakaan sederhana di samping rumahnya, yang diberi nama Perputakaan PATABA. PATABA sendiri merupakan singkatan dari Pramoedya Ananta Toer Anak Semua Bangsa.

Masuk ke dalam perpustakaan tersebut, nuansa sederhana benar-benar terasa. Tapi dari kesederhanaannya, tersimpan karya-karya dari almarhum Pram dan beberapa karya lainnya. Terdapat pula beberapa pajangan dinding, mulai dari pajangan foto pram, foto anak cucu pram, serta lukisan Marx, dan lain-lain. Kok bisa ada foto Marx ya? Rupanya Mbah Soes adalah lulusan Soviet. Bergelar Ph.D dari Institut Plekhanov Uni Soviet (sekarang Rusia) tidak lantas membuat saat ini dia menikmati posisi tertentu. Justru saat ini dia berprofesi menjadi pemulung. Hemmm… urusan politik dah. (tapi kok bisa ya ???).

Oiya, masih di dalam satu ruang, terdapat pintu menuju kamar dimana Pram menginap untuk terakhir kalinya sebelum akhirnya ia meninggal dunia. Kami sempat masuk ke dalam kamar tersebut. Sebuah kamar yang sederhana, dengan beberapa furnitur yang sederhana pula. Furnitur yang ada dalam kamar tersebut merupakan pilihan dari Pram sendiri, demikian keterangan dari Mbah Soes. Antara lain dipan, lemari, dan sebuah lukisan tergantung di dinding.

Menurut keterangan Mbah Soes, kamar tersebut biasa dijadikan tempat menginap tamu dari jauh. Kami yang dari Surabaya termasuk diijinkan kalau memang mau menginap. (Saya mau Mbah Soes…… !!!!!! 😀).

Oiya, di bawah ini ada kontak telepon yang bisa teman-teman hubungi. Siapa tau ketika main ke Kota Malang, terus kesasar di Blora, terus mampir deh ke PATABA-nya Mbah Soes. (Kota Malang itu mananya kota Blora???? 😀 ). [Afif E.]

—————————————————–

Perpustakaan PATABA (Pramoedya Ananta Toer Anak Semua Bangsa)

Jalan Sumbawa 40 Jetis Blora Indonesia Telp. (0296) 5100233

the Photos

Iklan

2 thoughts on “Perpustakaan PATABA di Rumah Pramoedya

  1. memoar biru blog berkata:

    wah sangat-sangat menarik, rumahnya ternyata masih berdiri. saya penasaran pengen melihatnya…

  2. Muhammad Afif Effendi berkata:

    iya Gan, masih utuh. yang menarik perpus di belakang rumahnya itu… 🙂 🙂 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s