Revolution 2020: Saat Cinta dan Pengorbanan Bertemu

Masih ingat dengan film fenomenal produksi Bollywood, 3 Idiots? Kalau anda perhatikan betul, film tersebut adalah hasil adaptasi dari sebuah novel karya Chetan Bhagat. Nuansa kritik atas sistem pendidikan terasa betul di dalamnya.
Kritik pendidikan ini juga masih terasa dalam novel terbarunya, Revolution 2020. Berlatar belakang di kota Varanasi, Bhagat dengan apik mengolah pergulatan kisah lulusan SMA di India yang beribaku dengan beragam tes masuk perguruan tinggi teknik bonafit di India. Dapat kita serupakan dengan tes masuk PTN di Indonesia, dengan beragam varian namanya. Raghav Kashyap, Gopal Mishra, dan Aarti Pradhan, adalah karakter tiga anak India yang juga bergulat dalam tes tersebut.

Novel setebal 432 halaman ini dikemas apik oleh Bhagat. Bayangan seorang Gopal Mishra yang bercengkerama langsung dengan Bhagat menjadikan buku ini unik. Ialah karena si penulis bercengkerama dengan karakter bikinannya sendiri. Tak salah Penerbit Bentang, penerbit novel ini, memunculkannya dalam daftar terbitan terjemahannya. Disamping penggambaran tokoh yang kuat, juga kisah yang mengalir.
Barangkali ini adalah salah satu kriteria yang saya pasang sendiri untuk mengatakan sebuah buku bagus atau tidak: sebuah buku dikatakan bagus jika ia enak dibaca dan mengalir. Membikin kita pembaca sangat berat untuk berhenti membaca garis mujur seorang Raghav, serta garis malang seorang Gopal, hingga kisah keduanya memperebutkan cinta dari gadis yang sama, Aarti.
Uniknya lagi, kisah cinta yang sangat khas “negeri Polisi Bombay” ini juga lekat dengan issue korupsi dan kegilaan akan kekuasaan. Bahkan mengancam pertemanan ketiga tokoh. Lalu apa hubungannya dengan kisah cinta ketiga tokoh? Anda harus mencari tau lebih jauh. It’s a must to read!
Tak sabar saya menyaksikan film dengan kisah hasil adaptasi dari buku ini. Sebuah kisah dimana cinta dan pengorbanan bertemu. 🙂 [Afif E.]

Review serupa:

https://www.goodreads.com/review/show/1332538846

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s